Macam-Macam Penyakit Jantung yang Perlu Anda Waspadai

Macam-Macam Penyakit Jantung yang Perlu Anda Waspadai


Selain serangan jantung masih banyak macam-macam penyakit jantung lainnya. Masyarakat Indonesia banyak yang masih menganggap bahwa penyakit jantung merupakan satu jenis penyakit yaitu penyakit serangan jantung yang diakibatkan penyempitn pembuluh darah. Padahal macam-maca penyakit jantung masih banyak ragamnya. Apapun jenis penyakitnya, penyakit jantung tetap menjadi penyakit yang berbahaya.

Jantung merupakan suatu organ di dalam tubuh kita yang fungsinya sangat penting bagi kehidupan kita. Tugas jantung ialah memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa jantung, organ-organ lain di dalam tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan darah yang adekuat. Padahal darah sangat dibutuhkan untuk menjaga kehidupan tubuh kita. Maka, penyakit yang menyerang jantung dapat menganggu fungsi jantung yang penting itu.


Macam-Macam Penyakit Jantung yang Umum

Penyakit jantung adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan adanya penyakit yang mengenai jantung dalam arti yang luas. Bedakan dengan penyakit jantung koroner, suatu penyakit jantung yang sangat umum, dimana biasanya penyakitnya disebut dengan serangan jantung. Penyakit jantung koroner melibatkan pembuluh darah yaitu dikarenakan adanya penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah. Selain penyakit jantung koroner, masih banyak macam-macam penyakit jantung yang lain.

Di bawah ini akan dibahas secara singkat mengenai macam-macam penyakit jantung disertai ciri-ciri penyakit jantung.

    Penyakit Jantung Koroner

Di antara macam-macam penyakit jantung, penyakit jantung koroner merupakan jenis yang paling umum. Penyakit ini menempati urutan nomor satu penyebab kematian di dunia dan di Indonesia. Penyakit jantung koroner disebabkan karena adanya penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah sehingga darah tidak dapat memberi asupan nutrisi ke jantung.

Ciri-ciri: Nyeri dada di kiri yang dapat menjalar ke lengan kiri, baru dan pundak kiri, punggung hingga ke rahang bawah. Nyeri terasa sangat sakit, seperti ditindih, diperas atau dihimpit oleh benda berat. Kadang, nyeri juga dapat dirasakan sebagai sakit gigi. sensasi nyeri juga dapat dirasakan sebagai perasaan sakit maag Disertai juga oleh keluarnya keringat dingin yang banyak. Dapat pula diikuti oleh sesak napas. Tak jarang, penderita juga merasa mual dan muntah serta perasaan tidak enak badan. Kadang pasien merasa sangat cemas sehingga takut mati.

Gejala di atas dapat biasanya muncul saat beraktivitas. Pada beberapa orang gejala dapat terus menetap dan dapat pula hanya terasa beberapa menit. Bila gejala terus menetap, penyakit ini biasa disebut sebagai serangan jantung.

    Aritmia / Ritme Jantung yang Iregular atau Tidak Teratur.

Penyakit ini merupakan salat satu macam-macam penyakit jantung yang mengenai sistem penghantaran listrik jantung. Penyakit aritmia adalah suatu penyakit dimana denyut jantung tidak berdenyut secara teratur. Aritmia bukanlah suatu penyakit tunggal, namun masih banyak penyakit lainnya yang masuk ke dalam kategori ini. Penyakit aritmia berbahaya karena mengganggu fungsi jantung untuk berdetak serta memberikan risiko terkenanya penyakit stroke yang parah

Ciri-ciri: Aritmia dapat tidak bergejala atau malah menyebabkan gejala yang parah. Contoh gejala: jantung terasa berdebar, jantung terasa bergetar, letih, pusing, kepala terasa seperti melayang, pingsan, sesak napas, nyeri dada dan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran.

    Penyakit Katup Jantung

Merupakan salah satu macam-macam penyakit jantung yang dapat disebabkan oleh infeksi. Biasanya penderita memiliki riwayat demam rematik saat masih kecil atau remaja. Dapat juga disebabkan karena kelainan bawaan sejak kecil.

Ciri-ciri: Penderita biasanya mengeluh sesak nafas setelah beraktivitas dan sesak menghiang saat istirahat. Bila parah, biasanya penderita lebih senang tidur dengan banyak bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi daripada kaki. Dapat juga menyebabkan lemah tubuh, pusing, jantung berdebar, dan perasaan tidak nyaman di dada. Sayangnya, penyakit ini pada tahap awal jarang memberikan gejala.

Macam penyakit jantung ada banyak dan masing-masing wajib diwaspadai karena vitalnya organ tubuh yang satu ini. Apa lagi macam penyakit jantung lainnya? 

    Kardiomiopati

Penyakit jantung ini menyerang otot yang membentuk organ jantung. Penyakit ini menyebabkan otot jantung menipis atau mengeras atau malah menebal. Perubahan-perubahan yang terjadi pada otot ini dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung dalam memompa darah. Biasanya disebabkan karena kelainan bawaan yang timbul saat usia dewasa. Tidak jarang juga menyerang ibu hamil.

Ciri-ciri: Mirip seperti penyakit jantung lainnya, penyakit ini dapat memberikan gejala sesak nafas, tubuh terasa lemah dan bengkak pada kaki.

    Radang Selaput Jantung

Jantung mempunyai suatu lapisan yang melapisi atau meliputi organ ini. Bila terjadi reaksi radang pada selaput ini maka penyakitnya disebut perikarditis. atau radang selaput jantung. Penyakit merupakan salah satu dari macam-macam penyakit jantung yang kini sudah jarang didapatkan di masyarakat. Penyebab penyakit ini bermacam-macam, misalnya infeksi, serangan jantung, tumor atau kanker di daerah dada, kecelakaan dan penyakit imunitas seperti lupus.

Ciri-ciri: Gejala radang selaput jantung agaj sedikit berbeda dari gejala jantung lainnya. Penderita akan merasakan nyeri dada yang tajam di tengah dada, namun menyerupai serangan jantung, nyeri dapat juga menjalar ke leher, pundak bahu dan lengan. Nyeri terasa lebih parah saat berbaring, batuk atau menelan. Nyeri akan menghilang ketika duduk tegak. Sesak napas juga salah satu ciri pericarditis. Gejala lainnya ialah demam, batuk kering dan jantung berdetak lebih cepat.

    Gagal Jantung

Penyakit ini merupakan stadium akhir dari semua macam-macam penyakit jantung. Beberapa penyakit jantung yang umum menyebabkan gagal jantung ialah riwayat serangan jantung, kardiomiopati dan penyakit katup jantung. Selain penyakit jantung, penyakit darah tinggi kronis dan kencing manis kronis juga dapat menuntun ke penyakit ini. Gagal jantung akan disertai dengan pembesaran jantung yang mudah dilihat dari foto rontgen dada. Orang dengan penyakit jantung harus sering mengontrol kondisi jantungnya agar tidak jatuh ke tahap ini.

Ciri-ciri: Dapat menyebabkan sesak nafas yang terutama timbul saat beraktivitas. Intensitas aktivitas dapat berat, misalnya naik tangga, jalan kira-kira 100 meter; namun bila sudah parah akan sesak di aktivitas ringan seperti mandi, memakai baju atau berjalan 10 meter. Sesak nafas juga dapat terjadi saat tidur atau dalam posisi berbaring dan akan terasa lega bila duduk atau memakai beberapa bantal untuk tidur. Dapat pula menyebabkan bengkak pada tungkai, pergelangan kaki dan kaki yang sering timbul pada pagi hari. Jantung berdebar dan perut terasa kencang dan membesar juga dapat menjadi ciri lainnya.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya dan lebih baik diobati secara cepat. Bila telah melalui masa gawat, penyakit ini harus selalu dipantau secara teratur. Dari sekian banyak macam-macam penyakit jantung dan ciri-ciri nya yang teah dibahas, tentu Anda dapat menarik kesimpulan tanda bahaya penyakit jantung. Beberapa tanda bahayanya adalah nyeri dada, sesak napas saat aktivitas dan saat berbaring serta dada teraa berdebar. Semoga pembahasan macam-macam penyakit jantung ini memberikan wawasan tambahan bagi Anda.

Sumber : dedaunan.com