Obat Alami Gusi Bengkak yang Mudah Didapatkan namun Efektif

Obat Alami Gusi Bengkak yang Mudah Didapatkan namun Efektif


Keadaan gusi bengkak, merah dan nyeri adalah hal yang rasanya sudah tidak aneh lagi, sehingga banyak yang mencari obat alami gusi bengkak yang ampuh dan efektif. Tentu saja, gusi bengkak yang nyeri sekali merupakan suatu tanda bahwa sebaiknya Anda ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang komprehensif. Namun, tidak ada salahnya mencoba obat alami gusi bengkak yang aman dan efektif sebagai pilihan alternatif pengobatan gusi Anda.
Daftar Obat Alami Gusi Bengkak Tradisional yang Terbukti Efektif

Ternyata cukup banyak obat alami gusi bengkak yang dapat Anda coba dan praktikan sendiri di rumah tanpa menggunakan resep dokter. Apalagi, obat yang alami memiliki efek samping yang lebih sedikit terhadap tubuh kita. Maka, tentu tidak ada ruginya mencoba obat alami gusi bengkak untuk megatasi kondisi menyebalkan ini. Cara sesederhana berkumur air garam sampai mengoleskan minyak cengkeh telah kami sajikan untuk Anda. Berikut adalah obat alami gusi bengkak yang dapat menjadi alternatif pengobatan Anda :


    Berkumur Air Garam

Obat alami gusi bengkak yang utama dan efektif serta mudah dilakukan adalah dengan memanfaatkan larutan air garam. Banyak manfaat yang terkandung di dalam secangkir air garam untuk menyembuhkan gusi bengkak yaitu dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman lainnya di gusi serta gigi Anda. Air garam juga dapat membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut. Caranya mudah, larutkan 1/2 sampai 1 sendok teh garam ke dalam satu gelas belimbing air matang yang sudah hangat, lalu aduk hingga merata. Berkumurlah menggunakan air tersebut dua kali sehari sampai bengkak dan nyeri mereda. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan air garam di gusi yang bengkak setelah selesai menyikat gigi.

    Air Perasan Lemon

Selain enak dan menyegarkan, ternyata buah lemon dapat menjadi obat alami gusi bengkak yang terbukti ampuh. Sari buah lemon mengandung kalsium, potasium, Vitamin C, Vitamin A serta beberapa jenis serat yang baik bagi tubuh. Buah asam ini pun mengandung zat dan kandungan antibakteri yang dapat membantu membunuh kuman serta bakteri di dalam mulut. Sifat alkali dari buah lemon juga mampu menekan pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri di dalam mulut. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan air perasan lemon cukup mudah, Anda dapat memanfaatkannya dengan berbagai cara, seperti minum air perasan buah lemon atau pun berkumur dengan air lemon.

    Minyak Cengkeh

Obat alami gusi bengkak lainnya yang tidak kalah ampuh adalah minyak cengkeh. Zat herbal minyak cengkeh mengandung suatu senyawa yang disebut Eugenol, yakni senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan anti radang. Ya, zat Eugenol ini mampu mengurangi bengkak pada gusi serta rasa nyeri pada gusi dan juga dapat membantu menjaga kesehatan jaringan gusi dan gigi Anda. Maka, selain mengurangi dan menyembuhkan gusi bengkak, minyak cengeh pun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit gigi. Cara menggunakan minyak cengkeh sebagai obat alami gusi bengkak cukup mudah, yaitu kunyah cengkeh hingga mengeluarkan minyak yang cukup pahit, lalu oleskan minyak tersebut di gusi Anda yang bengkak.

    Baking Soda

Tahukan Anda bahwa baking soda atau salah satu bahan pengembang kue ini ternyata dapat dipakai sebagai salah satu obat alami gusi bengkak? Ya, kegunaan baking soda untuk memelihara keseimbangan dan kesehatan mulut sudah terbukti efektif dan sangat ampuh. Baking soda mengandung natrium bikarbonat yang dapat menetralkan suasana pH di mulut. Akibatnya, bakteri dan kuman di dalam mulut tidak dapat tumbuh, hidup dan berkembang biak dengan sempurna. Baking soda pun memapu mencegah pembentukan plak dan memutihkan warna gigi. Cara menggunakan baking soda sebagai obat alami gusi bengkak mudah, cukup mengoleskan air yang telah dicampur dengan baking soda di gusi Anda yang bengkak. Cara lainnya ialah dengan membubuhkan baking soda di pasta gigi Anda sebelum Anda menyikat gigi.

Sumber : dedaunan.com