Manfaat Daun Seledri yang Perlu Kita Tahu, Ternyata Banyak Khasiatnya

Manfaat Daun Seledri yang Perlu Kita Tahu, Ternyata Banyak Khasiatnya


Seledri, pasti kita kenal dengan tanaman yang satu ini. Tapi ternyata masih belum banyak orang yang tahu apa manfaat dari tanaman seledri. Dari kebanyakan dari kita, seledri digunakan untuk membuat sup ataupun sebagai salah satu bumbu masakan.

Seledri sudah dikenal sejak lama, namun asal tumbuhan ini tidak diketahui secara pasti. Seledri masuk ke Indonesia melalui orang-orang Belanda sejak jaman penjajahan dulu. Seledri dulu digunakan hanya sebagai penyedap sup. Dan oleh karena itu orang-orang Indonesia memberi julukan seledri ini dengan sebutan daun Sup.

Selain untuk masakan ternyata seledri juga memiliki banyak manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh kita. Siapa yang menyangka, ternyata memang dibalik daun hijau dan bertekstur ini memiliki manfaat yang besar yang terkandung di dalamnya. Kandungan yang ada di daun seledri bahkan mampu bertahan hingga 80 % setelah dimasak.


Seledri yang dalam bahasa latinnya Apium graveolens ini mengandung banyak vitamin, seperti viamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Serta kandungan lain seperti asam amino, boron, kalsium, klorin, asam lemak, esensial, folat, inositol, besi, magnesium, mangan, fosfor, postasium, selenium, sulfur, dan seng. Dengan banyaknya kandungan yang ada pada seledri dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati beberapa penyakit. Untuk lebih lengkapnya simak beberapa manfaat dari daun seledri untuk kesehatan :
Manfaat Daun Seledri

      www.infokesehatan.biz.id

1. Daun seledri untuk mengobati tekanan darah tinggi

Seledri mengandung natrium organic alami seperti garam yang sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting juga untuk kesehatan tubuh. Orang yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mengkonsumsi seledri, karena seledri mengandung natrium yang baik untuk tubuh anda.

2. Daun seledri untuk menurunkan kadar kolestor dalam darah

Julmah kolesterol yang ada di dalam tubuh kita harus dibatasi. Jumlah yang tidak terkontrol nantinya dapat berakibat pada penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah. Apabila pembuluh kita tersumbat maka nantinya bisa mengundang banyak penyakit. Nah, salah satu obat alami anda bisa menggunakan daun seledri untuk alternative pengobatannya. Caranya dengan menumbuk seledri kurang lebih sebanyak 100 gram hingga halus, lalu masak dengan 100 ml air putih hingga matang. dinginkan lalu minum 2 kali setiap hari.

3. Daun seledri untuk mengobati anemia

Apabila anda merasakan sakit kepala sepanjang hari, maka bisa jadi anda mengalami anemia atau kekuranagn darah. Gejala lain yang akan anda alami antara lain tubuh menjadi lemah, lesu, lunglai dan lemas. Untuk mengatasinya yang perlu anda lakukan adalah membuat jus seledri, anda bisa menambahkan susu ataupun madu. Minumlah sebanyak 2 kali sehari.

4. Daun seledri untuk mengobati Mata kering

Mata kering merupakan salah satu penyakit yang menyerang mata yang dapat menimbulkan iritasi pada mata. Cara mengatasi masalah mata kering bisa menggunaakan ramuan seledri dan dengan tambahan daun kelor serta daun bayam. Caranya dengan menumbuk ketiga bahan sampai halus serta ditambah sedikit garam. Lalu peras dan saring untuk kemudian diambil airnya. Minumlah secara rutin dan teratur 3 kali sehari.

5. Daun seledri untuk mengobati rematik

Tentu kita sudah tidak asing dengan nama ini. Penyakit rematik menimbulkan rasa sakit yang ditimbulkan karena adanya peradangan dan pembengkakan di otot atau persendian. Anda dapat menggunakan seledri untuk mengobati rematik. Caranya cukup mudah yaitu biasakan memakan seledri, bisa dibuat sayuran ataupun dibuat lalapan. Lakukan sesering mungkin untuk proses penyembuhan.

6. Daun seledri untuk mengobati batuk

Batuk bisa menyerang siapa dan di mana saja. Nah, untuk menyembuhkan batuk anda bisa menggunakan daun seledri sebagai obatnya. Caranya rebus daun seledri sebanyak 30 gram dengan air secukupnya maksimal 3 gelas sampai air mendidih, kemudian saring airnya. Tambahkan madu alami dan minumlah air tersebut paling tidak 2 kali sehari.

7. Daun seledri untuk menyuburkan rambut

Bagi anda yang ingin memiliki rambut lebat yang sehat, bisa menggunakan seledri sebagai alternatifnya. Caranya ambil 7-10 tangkai daun seledri dan cuci sampai bersih. Setelah itu tumbuk sampai halus. Kemudian ratakan hasil tumbukan daun seledri ke kulit kepala dan juga rambut sambil dipijat-pijat ringan. Kemudian diamkan kurang lebih selama 1 jam, lalu bilas rambut dengan air bersih. Lakukan cara yang sama paling tidak 1 minggu sekali.

Itulah sebagian manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Disamping itu ternyata daun seledri tidak baik juga jika dikonsumsi oleh beberapa orang. Diantaranya oleh mereka yang memiliki lambung yang peka atau sensitip. Karena daun seledri terdapat kandungan serat yang tinggi, maka lebih baiknya tidak dikonsumsi oleh mereka, jika terjadi iritasi sebaiknya mengkonsumsi seledri dihentikan.

Kemudian pada biji seledri yang banyak mengandung kandungan minyak atsiri, flavonoid, dan juga asam linoleat coumarin. Maka tidak baik dikonsumsi bagi wanita hamil, karena dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Sekian ulasan tentang manfaat daun seledri, semoga dapat menambah ilmu anda dan dapat berguna untuk kita semua.